Keluarga Kecilnya EQ

Assalamualaikum……. :)

Sekilas Tentang HERNIA

Hernia itu siapa ya?ūüėÄ .. maaf ya, bukan mau ngomongin orang disini,tapi tentang kesehatan. hehe.

Jadi ya, karena beberapa waktu lalu ada seorang teman baik saya yang bertanya tentang HERNIA , maka saya ingin sedikit sharing tentang masalah ini.

Saya bukan dokter (dulu bercita-cita ingin jadi dokter sih iya :p) , tapi saya pernah memiliki hernia ini dan sudah dioperasi sekitar 7 tahun lalu. Saat ini anak ke dua saya pun, Dika, memiliki hernia juga.

Hernia ini bukan seperti penyakit yang disebabkan virus atau bakteri, tapi merupakan kelainan di bagian dinding perut.

Dari Sumber:  majalahkesehatan.com ,

HERNIA terjadi bila sebuah organ menerobos keluar melalui titik lemah atau robekan rongga yang menampungnya

Menurut sumber di atas  ada 7 jenis hernia menurut letaknya tapi yang familiar oleh saya hanya 2, yaitu hernia Inguinalis dan hernia umbilikal.

  • Hernia Inguinalis

Hernia ini saya alami sejak lahir. Sudah dioperasi.. operasinya juga seingat saya bukan operasi besar kok. prosesnya kayaknya mirip operasi sesar deh CMIIW.

Adalah hernia yang paling umum terjadi dan muncul sebagai tonjolan di selangkangan atau skrotum. Masyarakat biasa menyebutnya ‚Äúturun bero‚ÄĚ. Hernia inguinalis terjadi ketika dinding abdomen berkembang sehingga usus menerobos ke bawah¬†melalui celah. Jika merasa ada benjolan di bawah perut yang lembut, kecil, dan mungkin sedikit nyeri dan bengkak, mungkin terkena hernia ini. Hernia tipe ini lebih sering terjadi pada¬†laki-laki daripada perempuan.

Selain bawaan dari lahir, hernia ini bisa juga disebabkan karena suka membawa barang berat, meniup terompet atau kegiatan lainnya yang menyebabkan tekanan pada perut.

  • Hernia Umbilkal

Nah, ini yang dialami juga oleh Dika dari lahir juga. Untuk ceritanya, di postingan lain aja yaūüėČ

Ini adalah jenis hernia di dalam dan sekitar umbilikus (pusar) yang disebabkan bukaan pada dinding perut, yang biasanya menutup sebelum kelahiran, tidak menutup sepenuhnya. Orang jawa sering menyebutnya ‚Äúwudel bodong‚ÄĚ.¬†Jika kecil (kurang dari satu centimeter), hernia jenis ini biasanya menutup secara bertahap sebelum usia 2 tahun.

Masih dari sumber di atas , adapun pengobatan dan pencegahan hernia sbb:

Pengobatan

Benjolan hernia mungkin dapat didorong kembali, namun sewaktu-waktu akan keluar lagi. Benjolan itu biasanya lebih nyata ketika tekanan intra-abdomen meningkat seperti saat mengangkat beban, membungkuk dan batuk. Hernia yang tidak parah umumnya tidak memerlukan operasi. Kebanyakan hernia di perut bisa didorong kembali ke rongga perut. Dengan istirahat dan terapi fisik sekitar 75% hernia hilang sendiri.

Pada kondisi yang lebih parah, hernia dapat menyebabkan darurat medis bila jaringan yang terjebak dalam kantung kehilangan suplai darah dan mati (mengakibatkan gangren). Dalam hal ini harus segera dilakukan operasi. Setelah operasi, biasanya jarang sekali terjadi kekambuhan (hanya 1-3%).

Pencegahan

Langkah pertama untuk mencegah hernia adalah  mengetahui penyebabnya. Hernia yang timbul akibat kelainan bawaan dan efek penuaan tidak dapat dicegah. Hernia bisa muncul bila otot dinding tipis yang menyekat/ membungkus organ mendapatkan tekanan melebihi kapasitasnya.

  • Gunakan teknik mengangkat yang benar. Selalu gunakan kaki Anda, bukan otot punggung Anda, untuk mengangkat.¬†Pakailah dukungan penahan ketika melakukan kegiatan mengangkat berat.
  • Sampaikan kesulitan buang air kecil ke dokter Anda. Kesulitan buang air kronis dapat menyebabkan hernia. Penyebab sulit buang air kecil perlu ditentukan dan diobati oleh dokter Anda.
  • Turunkan berat badan jika Anda kelebihan berat badan.
  • Hindari sembelit dengan banyak makan serat, banyak minum, dan segera ke kamar kecil bila ‚Äúkebelet‚ÄĚ
  • Berolahraga secara teratur.
  • Berhentilah merokok.¬†Oksigenasi buruk ¬†akibat merokok dapat menyebabkan kerusakan otot dan kelemahan otot yang menjadi sasaran utama perkembangan hernia.

Semoga bermanfaat.

Single Post Navigation

2 thoughts on “Sekilas Tentang HERNIA

  1. Pingback: Dika Dan Hernia Umbilikal « Keluarga Kecilnya EQ

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: