Keluarga Kecilnya EQ

Assalamualaikum……. :)

Pengalaman Ke Periodonti

Apa itu Periodonti? Detilnya silakan googling aza ya. Saya direkomendasikan oleh dokter gigi umum, untuk ke dokter gigi spesialis periodonti agar masalah gusi berdarah saya bisa ditangani dengan maksimal.

Gusi saya sering berdarah terutama saat sikat gigi. Bahkan terkadang tidak sikat gigipun suka berdarah. Saya kan jadi khawatir kalau ngobrol sama orang lain trus berdarah…ntar dikira drakuli lagi…hiiiii… :p

Akhirnya atas restu dari pak bos a.k.a  suami , 2 bulan lalu saya membuat janji ke spesialis periodonti di RS Bunda Margonda, drg.Sara Ekaputri . Alhamdulillah dapet dokter cewe yang baik dan bergigi rapi terawat (loh kan kalo gigi dokternya aja acakadut, pasiennya bisa bimbang :D).

Saya datang dengan dua keluhan, sering berdarah dan gusi di geraham bungsu bawah kanan sering bengkak (klo yg geraham bungsu ini, direkomen oleh dokter sebelumnya untuk dicabut aja…tapi saya masih kekeuh untuk cari pendapat lain…rada merinding,padahal sih dulu banget pernah juga cabut gigi geraham bungsu yang pas di atasnya).

Untuk keluhan yang ke-dua, dokter memberikan pengantar untuk di rontgen giginya biar keliatan posisi geraham bungsunya seperti apa.

Untuk keluhan pertama, si dokter membersihkan karang gigi (scalling) dulu karena katanya karangnya sangat banyak (padahal baru di scalling tiga bulan sebelumnya). “Wah sepertinya ibu sikat giginya sering terburu-buru nih yaa”, kata si dokter sambil kerja. Saya yang sedang mangap, terkekeh saja sambil mengiyakan dalam hati..ah si dokter tau aja.

Bedanya bersihkan karang gigi di drg. umum sama disini, kalau di sini selesai di bersihkan kita disemprot cairan antiseptik mirip betadine gitu, jadi berasa lebih higienis aja, trus rasanya kok kalo di sini gak se sakit di dokter sebelumnya ya…lebih enak aja (mungkin lain tangan,lain cerita).

Setelah dibersihkan itu, si dokter ngecek gusi saya satu per satu. Katanya karena banyak penumpukan plak menyebabkan gusi itu tidak menempel sempurna di gigi, itu yang menyebabkan gusinya sering berdarah. Saya dikasih obat kumur aja, dan disuruh kontrol seminggu kemudian.

Minggu berikutnya saya kembali, dan setelah di cek ternyata ada 2 gigi yang gusinya masih bandel. “Saya kuret gusinya ya bu”, dengan santai si dokter bicara. Haaaah,gusinya disingkap sedikit saja nyeri, ini kok dikuret??!! …dalem hati aja sih komplennya. “Tenang aja, di bius kok bu” kata si dokter lagi. Yaa sudahlahh ya. Alhamdulillah semua lancar, dan berakhir dengan ada 2 benang hitam dan bibir berasa jeding, padahal gak…efek obat bius akan hilang kurang lebih sejam.

Dua minggu kemudian saya datang lagi untuk buka jahitannya. Akhirnya bisa tersenyum tanpa ada benang hitam nongol.

Hasilnya, Alhamdulillah semenjak perawatan itu, sampai sekarang tidak pernah berdarah lagi saat sikat gigi dan bau mulut jauh berkurang. Thanks a lot ya bu dokter… InsyaAllah ketemu lagi bulan November untuk diliat perkembangannya.

Oya, untuk kasus geraham bungsunya…hasil rontgen memperlihatkan bahwa ternyata ada bolong di gerahamnya dan karena lawannya yang di atas udah ga ada jadi memang disarankan ke spesialis bedah mulut untuk dicabut saja.

Gara-gara di rontgen juga, terlihat ada satu gigi depan saya yg di atas itu sudah mati, ga keliatan lagi saluran syarafnya…pantesan warnanya menguning..untuk yang ini disarankan ke spesialis konservasi gigi.

Banyak PR nya nih…hiks..

Kesimpulannya: rajinlah menyikat gigi, jangan takut ke dokter gigi (saya mah masih tetep aja deg degan kalo ke drg.)…dan terakhir…siapkanlah dana  lebih ….karena…ke dokter gigi itu…..lumayan…menguras ….kantong….saudara saudara.😀.

Single Post Navigation

One thought on “Pengalaman Ke Periodonti

  1. Pingback: Cerita Geraham Bungsu | Keluarga Kecilnya EQ

Leave a Reply

